7 Obyek Wisata Dieng Yang Paling Keren Untuk Dikunjungi


Pada kali ini kami akan membahas tentang 7 obyek wisata yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng. Wisata Dieng yang akan kami bahas disini merupakan campuran dari wisata yang masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Memang wisata di Kawasan Dieng ini ada yang dikelola oleh Pemkab Wonosobo dan Banjarnegara, namun pada dasarnya secara umum wisata di Dieng ini tidak dapat dipisahkan, karena menjadi satu kesatuan yaitu Kawasan Wiata Dieng plateau. Berikut adalah 7 Obyek Wisata Dieng Yang Paling Keren Untuk Dikunjungi.

1. Sunrise Puncak Bukit Sikunir Dieng


Tempat Wisata Sunrise Puncak Bukit Sikunir Dieng ini terletak di Desa Sembungan, yang merupakan sebuah bukit yang memiliki panorama berupa sunrise yang indah. Sunrise di Dieng ini menjadi salah satu wisata andalan di Dieng plateau. Untuk waktu terbaik menikmati sunrise adalah sekitar pada Bulan Juli-agustus dimana pada bulan itu merupakan musim kemarau sehingga langit akan tampak bersih dan tidak ada hujan. Namun karena pemandangan yang dinikmati adalah matahari terbit atau sunrise, anda harus datang ke spot pengamatan Bukit Sikunir Dieng ini pada waktu fajar. Biasanya para wisatawan akan menginap di penginapan, homestay atau hotel yang banyak terdapat di seputaran Kawasan Dieng plateau.

2. Batu Pandang Ratapan Angin


Tempat Wisata Batu Pandang Ratapan Angin ini terletak di atas dieng plateau theater atau bioskop dieng dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 10 menit dari tempat parkir kendaraan untuk menuju spot view ini, tiket masuk obyek wisata Batu Pandang per orang dikenai biaya sebesar Rp 10.000 sangat terjangkau bagi kalangan wisatawan lokal dengan suguhan keindahan alam yang keren dan mempesona siapa saja yang mengunjungi tempat ini. Dari atas batu pandang kita bisa melihat dua telaga yang berbeda warna, yaitu telaga warna dan telaga pengilon.

3. Telaga Warna Dieng


Tujuan wisata di Dieng lain yang tak kalah indah di Kawasan Dieng adalah Telaga warna. Telaga Warna di Dieng plateau ini terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia. Keunikan telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menimbulkan warna yang lain.

4. Kawah Sikidang Dieng


Seperti telah dijelasakan di artikel sebelumnya bahwa Kawasan Wisata Dieng ini sebenarnya adalah gunung api raksasa yang masih terdapat aktivitas vulkanik didalamnya. Salah satu tanda dari aktivitas vulkanik ini adalah terdapatnya beberapa kawah yang terdapat di kawasan Dieng. Salah satu kawah di dieng adalah Kawah Sikidang. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun hati-hati ya, karena sama seperti kawah pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah.

5. Komplek Candi Arjuna Dieng


Selain dikenal dengan wisata alamnya yang indah, Kawasan dieng plateau juga terdapat wisata budaya berupa candi. Candi yang terdapat di Dieng adalah Candi Arjuna. Sebenarnya di lokasi ini tidak hanya Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di kompleks Candi arjuna ini, Kemungkinan Candi arjuna dibangun pada awal abad IX M. Tempat wisata Dieng Candi Arjuna ini selain menawarkan pemandangan berupa candi yang eksotis juga pemandangan alam yang sangat bagus apalagi bagi penikmat fotografi.

6. Gunung Prau Dieng


Nah kalau Wisata Dieng Pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang dikhususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Sama seperti pendakian lainnya untuk mendaki Gunung prau diperlukan persiapan yang lebih matang terutama kesiapan fisik dari pendaki itu sendiri. Pendakian Gunung Prau memang tidak sepopuler pendakian gunung di sekitarnya seperti Sindoro, Sumbing, Merapi dll, namun Gunung Prau ini memiliki keistimewaan tersendiri dan memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Jalur pendakian dapat ditempuh dari dari Kawasan Dieng. Ketinggian puncak Gunung Prau adalah 2.565 mdpl, lumayan pendek dibanding dengan gunung lainnya. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal adalah bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang hijau menyerupai setting serial anak anak teletubbies di televisi.

7. Air Terjun Merawu Giri Tirta


Ada tiga air terjun di satu parkir area. Setelah jalan kaki melewati jalan setapak selama 8 menit air terjun pertama akan sudah jelas , dengan ketinggian sekitar 72 meter dan di kelilingi banyak rerimbunan nan hijau, sekitar tiga ratus meter dari air terjun pertama akan ada air terjun berikutnya , yaitu air terjun air panas. Sangat mengesankan jika bisa bermain air panas di sini , kembali ke alam bermain air panas di alam terbuka.


Berikutnya adalah air terjun yang paling tinngi di antara yang lainnya. Air terjun robot kami menyebutnya ,memang mirip kotak kotak mesin bebatuan yang ada di sekitar air terjun, 90 meter tingginya.


Tepatnya di desa Giri Tirto , berjarak sekitar 23 km dari Arjuna candi Dieng. Jalanan bisa di lewati  kendaraan roda empat sampai parkir area,kemudian di lanjutkan melewati lembah hijau dan sungai yang  airnya masih jernih bersih dengan jalan kaki setapak menuju air terjun air terjun tersebut.

0 Response to "7 Obyek Wisata Dieng Yang Paling Keren Untuk Dikunjungi"

Post a Comment