Thursday, 15 October 2015


Peninggalan Kebudayaan pada Masa Dinasti Sanjaya di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah selain komplek Candi Arjuna juga terdapat komplek Candi Gatotkaca yang terdiri 6 bangunan candi , komplek Candi Bima , dan komplek Candi Dwarawati. Sebelah barat komplek candi arjuna terdapat Candi Setyaki yang lain susunan dan bentuk candi berbeda dengan candi-candi yang ada di sekitar dataran tinggi Dieng, Candi Setyaki sendiri atasnya berlubang juga atasnya tidak mengerucut yang pada umumnya candi hindu kebanyakan mengerucut ke atas.


Candi Setyaki di dataran tinggi Dieng jarang sekali dikunjungi oleh para wisatawan dikarenakan tempatnya menyendiri dari area komplek candi arjuna yang merupakan candi utama yang ada di Dieng. Di sebelah bagian utara dari Candi Setyaki juga terdapat Batu Umpak - Umpak yang di perkirakan sebagai bangunan Darmasala yang jaman dulu digunakan untuk tempat peristirahatan sementara.



Tidak jauh dari Situs Candi Setyaki terdapat pula Situs Batu Lingga patok yang berada di areal Pertanian yang di gunakan sebagai daerah Sima atau Simbol dari Tanah Perdikan.
Dan adanya Situs Gangsiran Purba yang di buat oleh masyarakat Hindu Kuno di Dieng sebagai tempat saluran pembuangan air bawah tanah untuk mengeringkan kawasan Candi Arjuna yang pernah terendam luapan air dari Telaga BaleKambang yang berada di sebelah selatan Candi tersebut.
Dari beberapa situs- situs yang ada di dataran tinggi Dieng menunjukan adanya sebuah Peradaban masyarakat Hindu kuno yang pernah mendiami Bumi Dieng di masa kejayaan Wangsa Sanjaya
Wisata Sejarah di Candi Setyaki kita akan di ajak menelusuri dan belajar mengali informasi dari bentuk Arsitektural kuno dengan Ragam Hias atau Ornamen - Ornamen  yang ada di setiap bagian Candi Setyaki.

0 comments:

Post a Comment

Hubungi Kami

Kelik Alamsyah 085 226 645 669 Aman Santoso 081 227 114 655 Edwin Adi Kurniawan 085 602 045 549
Powered by Blogger.

Popular Posts