Candi Dwarawati Dieng

Candi Dwarawati
Candi Dwarawati Dieng
Losmen Budjono Dieng || Dataran tinggi dieng banyak menyuguhkan tempat-tempat wisata alam yang unik dan juga banyak peninggalan-peninggalan candi hindu dimasa zaman dinasti sanjaya yang merupakan candi hindu yang tertua di pulau jawa, kali ini kita fokus membahas tentang Candi Dwarawati Dieng yang terletak di pinggir desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Kelompok Dwarawati terdiri atas 4 candi, yaitu Candi Dwarawati, Candi Abiyasa, Candi Pandu, dan Candi Margasari. Akan tetapi, saat ini yang berada dalam kondisi relatif utuh hanya satu candi, yaitu Candi Dwarawati.
Baca Juga : Candi Setyaki Dieng
Candi Dwarawati. Bentuk Candi Dwarawati mirip dengan Candi Gatutkaca, yaitu berdenah dasar segi empat dengan penampil di keempat sisinya. Tubuh candi berdiri di atas batur setinggi sekitar 50 cm. Tangga dan pintu masuk, yang terletak di sisi barat, saat ini dalam keadaan polos tanpa pahatan.

dwarawati2_Fifi.jpg
Pada pertengahan dinding tubuh candi di sisi utara, timur dan selatan terdapat semacam bilik penampil yang menjorok keluar membentuk relung tempat meletakkan arca. Bagian atas relung melengkung dan meruncing pada puncaknya. Ambang relung dihiasi pahatan bermotif bunga yang sederhana. Demikian juga sisi atas dinding bilik penampil. Ketiga relung pada dinding tubuh candi tersebut saat ini dalam keadaan kosong tanpa arca.
dwarawati4_Fifi.jpg
dwarawati3_Fifi.jpg
Sepintas candi ini juga terlihat seperti bangunan bertingkat, karena bentuk atapnya dibuat sama dengan bentuk tubuh candi. Di keempat sisi atap terdapat relung tempat meletakkan arca. Saat ini, relung-relung tersebut juga dalam keadaan kosong. Puncak atap sudah tak tersisa lagi sehingga tidak diketahui bentuk aslinya. Di halaman depan candi terdapat susunan batu yang mirip sebuah lingga dan yoni.


Begitulah sekilas tentang Candi Dwarawati Dieng semoga bisa menambah wawasan tentang sejarah tentang candi hindu tertua di pulau jawa ini, like and share yah sobat semuanya, terima kasih sudah berkunjung di Losmen Budjono Dieng.

0 Response to "Candi Dwarawati Dieng"

Post a Comment