Friday, 4 September 2015


Sunset Dataran Tinggi Dieng

Selain tempat untuk berburu keindahan alam dan matahari terbit di bukit Sikunir, Dataran tinggi Dieng juga merupakan tempat yang pas untuk memburu pemandangan matahari terbenam yang eksotis. Dari negeri di atas awan tepatnya berada di Gunung Prau, Anda bisa melihat pemandangan yang spektakuler sepanjang mata memandang.

Dieng merupakan sebuah dataran tinggi yang terkenal di Pulau Jawa. Selain banyaknya situs bersejarah yang tertinggal di dataran tinggi itu, keindahan alam Dieng merupakan pesona yang tiada duanya. Salah satunya adalah Gunung Prau, yang menurut sejarah letusan Gunung Prau merupakan kejadian alam yang membentuk dataran tinggi Dieng.


Ada dua jalur pendakian untuk menuju puncak Gunung Prau, yaitu melalui Desa Patak Banteng dan melalui Desa Dieng. Umumnya para pendaki memilih jalur Patak Banteng karena memiliki jarak tempuh yang lebih singkat. Untuk menikmati sensasi yang berbeda, dalam kesempatan ini saya dan teman-teman memilih melewati jalur melalui Desa Dieng.

Diawali dengan menyusuri ladang milik penduduk setempat kami pun masuk ke dalam kawasan hutan dengan jalan menanjak. Waktu yang dibutuhkan sampai ke puncak melalui jalur ini adalah 3-4 jam. Bagi para pendaki pemula jalur ini cukup mudah dilewati, dari jalur ini kita bisa melihat lanskap dataran tinggi Dieng dengan telaga warna dan komplek Candi Arjuna dari atas.


Dalam perjalanan kami menikmati sunset yang sangat indah, dari kejahuan terlihat puncak Gunung Selamet dihiasi hamparan awan. Sunset hanyalah awal dari keindahan yang disuguhkan Gunung Prau. Gunung ini terletak di perbatasan kabupaten Kendal dan Wonosobo, dengan ketinggian 2.565 mdpl.


Ketika malam hari, kita bisa menikmati keindahan lampu-lampu di Dieng yang langsung dipadukan dengan gemerlap bintang-bintang di langitnya. Selain itu, dari area camping ground kami juga memiliki pemandangan yang memanjakan mata. Bukit-bukit dengan rumput hijau dan langit yang biru, area ini biasa disebut Bukit Teletubbies.

Sunrise adalah puncak dari keindahan Gunung Prau, di mana Anda bisa menikmati beberapa puncak gunung sekaligus dari sini. Gunung kembar, Sindoro (3.150 mdpl) dan Sumbing (3.317 mdpl). Kedua gunung ini sering disebut gunung kembar karena sepintas gunung tersebut memang terlihat sama.


Selain kedua puncak tersebut, puncak Gunung Slamet (3.428 mdpl), puncak Merbabu (3.142 mdpl), puncak Gunung Merapi (2.968 mdpl) dan puncak Lawu (3.265 mdpl) juga dapat terlihat jika cuaca cerah

0 comments:

Post a Comment

Hubungi Kami

Kelik Alamsyah 085 226 645 669 Aman Santoso 081 227 114 655 Edwin Adi Kurniawan 085 602 045 549
Powered by Blogger.

Popular Posts