Wednesday, 19 August 2015


Gunung Pakuwaja atau orang Dieng menyebutnya dengan logat “Pakuwojo”. merupakan salah satu rangkaian gunung kecil di datarang tinggi Dieng yang terletak sejajar dengan gunung Kendil, gunung Prambanan dan bukit Sikunir di sebelah selatan dengan ketinggian 2395 mdpl.
Konon gunung ini merupakan “paku” nya Jawa. Di tengah gunung ini terdapat sebuah batu menjulang tinggi dari permukaan gunung. Orang Dieng mempercayai bahwa batu tersebut adalah “paku” nya Jawa. Di kanan kiri batu tersebut merupakan bekas telaga yang mengering, dan konon airnya berpindah mengalir ke bawah, yaitu ke telaga Cebong. Candi-candi di Dieng dibangun dengan menggunakan batuan Andesit yang berasal dari gunung ini.
Trekking ke gunung Pakuwaja tidaklah sulit. Untuk mendaki gunung ini paling cepat dan mudah lewat jalur desa Sembungan. Kemudian menyusuri lereng yang dipenuhi perkebunan kentang. Banyak petani setempat yang bisa membantu menuju puncak Pakuwaja, karena mendekati puncakpun merupakan areal perkebunan kentang warga Sembungan. Waktu tempuh kira-kira 30 menit dari sembungan ke puncak. Gunung pakuwaja sering digunakan untuk ritual atau semedi, banyak dijumpai bunga, sesaji dan dupa di batu besar tersebut.
Bagi pendaki yang baru pertama kali menginjakan kaki ke Dieng yang menyuguhkan suasana desa dan pertanian yang asri, Pakuwojo bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain kental akan nilai-nilai budaya dan tradisi ada pula legenda yang menjadikannya penuh dengan dongeng dan kisah masa lampau.
Pakuwaja juga masih belum banyak diketahui pendaki. Dengan ketinggian 2395m dpl, gunung ini memiliki pesona unik dengan legendanya. Pendakian bisa dimulai lewat jalur gunung Prau yang menjadi pos resmi pendakiuan atau melalui desa Sembungan yang cukup ramai karena banyak pelancong yang telah mengenal bukit Sikunir.
Selain menarik dijadikan spot untuk melihat matahari terbit, dari puncak Pakuwaja, pendaki juga bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro, Slamet, Merapi, Merbabu, dan bahkan Telomoyo. Sementara jika melihat ke arah utara  tampak di Kejauhan lokasi Wisata Telaga warna yang menjadi bonus terindahnya.

0 comments:

Post a Comment

Hubungi Kami

Kelik Alamsyah 085 226 645 669 Aman Santoso 081 227 114 655 Edwin Adi Kurniawan 085 602 045 549
Powered by Blogger.

Popular Posts